Sunday, July 13, 2008

Buah Naga Ciapus, 6 Juli 2008

Pengunjung "pawitan-bogor" sekalian,

Berikut adalah tampilan pertanaman buah naga di Bojongsari Ciapus, Ciomas - Bogor, seluas total 3,500 meter, yang menampung sekitar 250 tiang (1000 pohon). Bibit ditanam secara bertahap, mulai Januari 2008 dan selesai semuanya tertanam akhir Maret 2008. Foto-foto saya ambil 6 Juli 2008, jadi secara rata-rata tanaman baru berumur 6 bulan di lahan.
Pada awal pertanaman memang meragukan pertumbuhannya. Tetapi setelah dikunjungi oleh Pakdhé Gun pada pertengahan Maret 2008, dilakukan pembongkaran dan perbaikan 'bobokor' tanaman, dengan penambahan kapur, sekam dan pupuk kandang. Pupuk kandang yang digunakan adalah kotoran kambing/domba dari penduduk sekitar kebun. Hasilnya sungguh luar biasa.
Gambar ini adalah contoh penampilan tanaman yang vigor (jagur). Dengan tinggi tiang 1 m dari permukaan tanah, tunas pertama sudah melampaui batas (palang) dan mulai melengkung. Dengan demikian ada harapan tanaman ini "mau berbunga dan berbuah" di kebun Bojongsari Ciapus - Ciomas Bogor. Hal ini tentunya memberi harapan besar bagi kami pengelola Pawitan - Bogor. Tinggal mengembangkannya di lokasi lain di waktu yang akan datang.
Perlu disampaikan, bahwa tahap awal Pawitan Bogor ini benar-benar nekat mencoba tanam buah naga dengan kondisi agroklimat Bogor yang hampir selalu basah. Oleh karena itu, penanaman dilakukan di lahan yang mudah dikelola, termasuk juga dilakukan pemagaran oleh "pemilik" lahan, karena sebelum dipagar, cukup banyak gangguan. Terutama dari ayam-kampung yang setiap hari mengorak-arik bobokor tanaman. Penanaman pertama (Desember 2007 - Januari 2008) seluas sekitar 1000 meter, dilakukan di Kebun Percobaan IPB di Babakan Sawah baru, ini juga merupakan percobaan yang nantinya diupayakan sebagai tempat penelitian Buah Naga dan kawan-kawan. Maksudnya di pertanaman Babakan Sawah baru ini dilakukan percobaan-2 penanaman tanaman lain untuk dijadikan penyela tiang-tiang buah naga. Yang sudah ditanam dan berhasil ditanam selama masa tunggu (Januari - Juli 2008) adalah kacang tanah dan Rosella. Dalam waktu dekat, untuk menyambut kenaikan harga menjelang lebaran, akan ditanam cabai campur.... Cabe keriting, cabai besar dan cabai rawit.
Gambar yang ini adalah kondisi pertanaman rata-rata di kebun Bojongsari Ciapus, Ciomas. Tunas-2 utama sudah tumbuh, tetapi rata-rata belum mencapai palang. Kondisi ini ira-kira 60% dari populasi tanaman.
Gambar terakhir adalah kondisi tanaman yan dianggap buruk. Tunas-tunas tidak segera muncul dan tidak menunjukkan pertumbuhan yang cepat. Atau bisa juga tunas-tunas bermunculan banyak dari setiap bibit, tetapi tidak segera memanjang. Tanaman-tanaman ini akan "dipermak" dulu, dengan memilih tunas yang terbaik setiap tanaman atau dipacu dengan pupuk daun.
Demikianlah kondisi kebun Buah Naga Bojongsari - Ciapus, Ciomas Bogor. Berikutnya akan dilaporkan kondisi pertanaman di KP Babakan setelah kacang-tanahnya dipanen...
Nuhun,
Pengelola Kebun



No comments: