Wednesday, July 16, 2008

Buah Naga Tajur 12 Juli 2008

Inilah penampilan kebun Buah Naga Pawitan Bogor yang di Kebun Percobaan PKBT-IPB, Tajur II. Buah Naga memperoleh lahan berteras menghadap ke Gunung Salak (kiri) dan Gedeh-Pangrango (kanan), sayang suasana berawan, jadi latar belakang Gunung tak kelihatan. Lahan tersebut selama ini ditanami pepaya yang menurut cerita pengelola kebun (Bp. Ibramsyah) dan supervisor kebun PKBT Tajur II (Endang Gunawan, SP, MSi) belum pernah berbuah dengan baik.

Dengan nekat, memang Buah Naga ditanam di lahan ini. Tetapi dengan pemberian sekam, pupuk kandangd an kapur yang memadai, ternyata performance kebun tidak begitu mengecewakan.
Beberapa bibit tumbuh jagur (vigor) seperti gambar ini. Rata-rata memang sudah bertunas, karena dipindahkan setelah disemai terlebih dahulu di pembibitan. Dengan dibibitkan terlebih dahulu, kegagalan tumbuh kurang dari 10%.

Secara rata-rata, penampilan tanaman adalah seperti gambar berikutnya. Tunas tumbuh melebar dan terlihat subur. Seandainya dipacu lagi dengan pupuk cair, ada harapan tahun depan ketika musim bunga tiba, tajuk tanaman sudah terbentuk dengan baik.

Rencananya, kebun Tajur II ini akan menjadi ajang berpraktikum dari mahasiswa mata kuliah "Tanaman Buah". Sedang dirumuskan acara praktikumnya untuk kebun Tajur II, karena di sini masih ada rencana penanaman untuk 200 tiang lagi, ada pembibitan, dan juga pemeliharaan tanaman muda. Tentunya berbagi lokasi dengan yang di Babakan Dramaga dalam berparaktikum. Yang jelas mudah-mudahan dengan adanya Pawitan Bogor ini, paling tidak ada matakuliah di IPB-BHMN yang dapat langsung berkecimpung di lahan produksi. Mahasiswa dapat praktik sekaligus observasi lebih kumplit dan leluasa tentang buah naga (sebagai model tanaman buah ternah tahunan sekaligus tipe tanaman khusus (CAM).
Lahan pertanaman yang diset sebagai kebun buah, akan juga dapat menjadi sarana imajinasi bagi mahasiswa seandainya mengelola lahan tersebut tidak hanya sebagai kebun buah naga, melainkan bisa tumpang sari dengan berbagai macam tanaman cash-crops, dalam suatu bentuk usahatani terpadu... [kdp]


Pengelola Pawitan Bogor

No comments: