Thursday, August 7, 2008

CIAPUS semakin MENGGELIAT

Pengunjung dan rekan PAWITAN semuanya, sebulan lalu kondisi pertanaman buah naga Pawitan Ciapus cukup menggembirakan. Sekarang sebulan kemudian, lebih menggairahkan lagi. Sampai-sampai Mr. Jajang pengelola kebun rajin tiap hari menyiangi 'wiwilan' (tunas-tunas muda atau cabang-cabang yang tidak diinginkan untuk tumbuh) dan merapihkan geliatan cabang-cabang naga yang mulai menjulur panjang.

Ya, cabang-cabang perlu diatur agar sedapat mungkin saling tumpang tindih dan mengunci antara satu batang di satu sisi tiang dengan batang di sisi yang lain. Setelah rapih nantinya akan diikat erat dengan "tali janur" seperti yang biasa untuk mengikat koper jika kita melakukan penerbangan dengan pesawat Garuda.


Lihat, Mr. Jajang mencoba membimbing arah pertumbuhan tunas-tunas naga yang memanjang.



Beberapa tunas yang subur menjulur, mengalami patah (pecah sayap). Namun asal "batang utama" yang ada di tengah batang kaktusnya tidak putus, harapannya akan sembuh dan tumbuh kembali cabang-cabangnya.




Ini salah satu hasil kerja Mr. Jajang, mengarahkan pertumbuhan cabang agar melewati "palang" baru merunduk. Beberapa tiang, pertumbuhan tajuknya sangat bagus. Empat batang kaktus meliuk saling tumpang tindih dan mengunci satu sama lain di atas palang tiang....

Mudah-mudahan kondisi ini semakin baik setelah digeber dengan perlakuan pupuk daun. He he he he, untuk buah naga jadinya malah PUPUK BATANG, lha daunnya tidak ada je...

No comments: